Saturday, December 1, 2012

CONTROL-Z/+CROSS+ - THE NIGHTHAWK EP

THE NIGHTHAWK | EP/COLLABORATION

01. Night One (2011)
02. Night Two (2012)

a collaboration project by CONTROL-Z / +CROSS+
All tracks produced in Yogyakarta, Indonesia.
 Self-released (Dec 1st, 2012)


Pertengahan 2011 CONTROL-Z bersama dengan +CROSS+ membuat sebuah track kolaborasi secara online, kemudian di akhir tahun 2012 berhasil menyelesaikan 1 track kolaborasi dalam studio, kemudian kedua tracks ini terangkum dalam sebuah mini album. Karena alasan waktu, penggarapan kedua tracks ini dilakukan saat malam hari  maka project ini kami beri title "The Nighthawk". Mini album ini dirilis secara mandiri (self-released) awal Desember  2012 dalam format digital. Dapat diunduh secara legal dan gratis.

Track pertama [Night One, 2011] lebih menekankan pada pola kerja kolektif secara online, masing-masing diberi kebebasan mutlak untuk mengeksekusi track ini. Track ini dibangun dari sample yg dibuat oleh +CROSS+, selanjutnya disusupi berbagai layer-texture frekuensi secara semena-mena oleh CONTROL-Z.

Track kedua [Night Two, 2012] didisain sebagai instalasi pada sebuah ruang pamer. Karya ini digarap selama 3 pekan, identik dengan musik film berdurasi 18’08” menit. Track ini digarap bersama di studio pink(n)/yk. Eksplorasi terasa lebih hidup karena dialog yang berujung pada banyak revisi sampai akhirnya dirasa selesai.

Karakter sound pada kedua tracks cukup berbeda, mengingat jarak waktu dan penggunaan devices. Namun demikian tetap terkonsep dalam ruang kerja kolektif dengan tujuan pembebasan. Pembuatan dan penggunaan sample(s) banyak dilakukan oleh +CROSS+, sedangkan CONTROL-Z lebih pada tindakan manipulasi bunyi, penataan sound-fx dan programming.


Kontroljet
Catalog #015
////REISSUE////
Download | Detail
 Double Releases by Genetic Trance
- AURA (Split w/ Troj, 2011)
- The Nighthawk (Split w/ +CROSS+, 2012)

Genetic Trance / Ukraine - April 4th, 2015
Experimental Noise/Cinematic/Electronic

#Catalog GT624